Thursday, May 20, 2010

Museum Bali

Museum Bali Merupakan museum pertama yang ada di Bali, Museum Bali menggunakan arsitektur tradisional dengan ornamen yang khas Bali. Bangunan fisik Museum Bali berupa bangunan kraton (puri) atau tempat pemujaan (kahyangan, pura merajan) menggunakan konsep trimanandala yaitu nista mandala jaba pisan ( bagian luar ) madya mandala : Jaba tengah ( bagian luar sebelum memasuki bagian inti), dan utama mandala jeroan (bagian inti).

Inti dari Museum Bali ini ada di bagian inti (jeroan) dimana terdapat bangunan yang terdiri dari tiga gedung yaitu gedung Tabanan di utara, gedung karangasem di tengah, gedung Buleleng di sebelah selatan. Gedung Tabanan digunakan sebagai lokasi koleksi barang-barang kesenian dan etnografi, Gedung karangasem digunakan sebagai lokasi benda- benda prasejarah, arkeologi sejarah, etnografi dan seni rupa. Gedung Buleleng digunakan sebagai lokasi koleksi alat-alat perlengkapan rumah tangga, alat-alat kerajinan, alat-alat pertanian dan nelayan, alat-alat hiburan, patung-patung gaya sedehana dan primitif yang terbuat dari tanah liat, batu dan lain sebagainya. 

Museum Bali terletak di pusat Kota Denpasar sebelah timur Lapangan Puputan Badung tepatnya di Jalan Mayor Wisnu Banjar Abasan Denpasar. Karena lokasinya terdapat di pusat kota sehingga Museum Bali relatif mudah di jangkau.Kegiatan di sekitar Museum Bali juga sering di gunakan sebagai pusat kegiatan masyarakat sehingga dipastikan mengunjungi Museum Bali akan sangat menyenangkan. AK5MATYPXSPU

No comments:

Post a Comment